Sabtu, 01 November 2014

Nikmatnya Pacaran



Nikmatnya Pacaran...
Kata pacaran berasal dari kata pacar, seperti disebutkan dalam kamus besar bahasa Indonesia, terdapat dua makna, pertama, teman lawan jenis yang tetap dan mempunyai hubungan berdasarkan cinta kasih, atau juga disebut kekasih, dan yang kedua  tumbuhan kecil yg daunnya biasa dipakai untuk pemerah kuku; batang inai.[1] Di kalangan masyarakat kita saat ini, mungkin kata pacar sudah tidak asing lagi bagi tiap orang, baik kecil, remaja, dewasa atau bahkan orang tua. Pacar adalah kekasih, dan pacaran adalah aktivitasnya. So...nikmatkah pacaran itu?!
Kalau kita flashback ke tempo doeloe, orang pertama yang memadu kasih adalah Nabi Adam AS dan Sayyida Hawa. Bahkan lebih nikmat lagi, mereka berdua menikmati rasa cinta dan kasih itu di syurga hingga akhirnya syaitan mampu menggodanya dengan buah khuldi yang terlarang. Karena terperangkap godaan tersebut, Nabi Adam dan Sayyida Hawa’ dikeluarkan dari syurga dan diturunkan ke dunia. Dan inilah takdir Allah, hingga dunia dimakmurkan oleh bani Adam dan Hawa, atau yang disebut manusia.
Ternyata tidak berhenti disini, meskipun telah berhasil menggoda Adam hingga akhirnya dikeluarkan dari syurga, sang Iblis dan pasukannya para syaitan akan terus mengoda keturunannya dari ketaatan kepada Allah hingga sampai akhir zaman.[2] Ya, para syaithan terus menerus menabuh genderang perang untuk menggoda manusia agar mengikuti langkah-langkahnya dan bermaksiat kepada Allah. Karenanya, Allah mengingatkan manusia dengan firmanNya:
ولا تتبعوا خطوات الشيطان إنه لكم عدو مبين
“Dan janganlah kalian mengikuti langkah-langkah syaitan, sungguh ia bagi kalian adalah musuh yang nyata”.
Apa hubungannya dengan pacaran?! Agama Islam adalah agama Allah, agama rahmatan lil alamin, sistem hidup dari Allah Maha Pencipta untuk ciptaanNya; manusia, jin, dan semua alam raya agar semuanya hidup dalam keteraturan, karena Allah Maha mengatahui tentang ciptaanNya. Islam tidak hanya mengatur masalah ibadah kepada Allah saja (hablun min Allah) tetapi juga mengatur hubungan antara sesama manusia (hablun min an-nas). Diantaranya adalah hubungan antara lawan jenis; laki-laki dan perempuan, tak luput dari aturan Allah.
Pada dasarnya rasa cinta terhadap lawan jenis adalah fitrah manusia. Laki-laki mencintai wanita dan wanita mencintai laki-laki. Tetapi cinta itu tidak hanya sebatas ucapan lisan, rayuan dan pujian, atau sebungkus coklat atau es cream dan rasa perhatian. Sekali lagi, TIDAK!!!. Tetapi cinta itu butuh bukti konkrit, sebagaimana pepatah arab, al-muhib liman yuhabbu muthi’u, orang yang cinta kepada orang yang dicintai pasti taat. Lebih dari itu, cinta yang berbuah syurga itu harus dilandasi karena iman bukan nafsu, cinta karena Allah bukan cinta karena syaithan.
Seperti kisah seorang ahli ibadah yang digoda syaithan, sebagaimana yang disebutkan Ibnu Katsir dalam tafsirnya,  Ali Bin Abi Thalib menceritakan, bahwa pernah ada rahib yang rajin beribadah selama enam puluh tahun, dan syaithan ingin mengujinya, kemudian syaithan mendatangi seorang perempuan dan menjadikannya gila, dan wanita tersebut memiliki saudara2. Syaitan lalu berkata kepada saudaranya, pergilah ke rahib, dia bisa mengobatinya. Datanglah mereka dengan saudarinya kepada rahib agar diobati, maka wanita tersebut pun menginap di tempatnya. Maka pada suatu hari, (karena godaan syaithan) ia pun menyukainya, dan melakukan perzinaan dengannya, sampai hamil, dan (terus digoda syaithan) sampai akhirnya ia membunuh wanita tersebut. Maka ketika saudara-saudara wanita itu mendatangi rahib, untuk diadili, syaithan mendatangi rahib, seraya mengatakan kepadanya, “akulah temanmu, taatilah aku, maka aku akan menyelamatkanmu dari keadaan ini, oleh karena itu, sujudlah kepadaku. Akhirnya, ia pun bersujud kepada syaithan, maka ketika ia bersujud, syaithan berkata, : “Sunnguh aku berlepas dari apa yang kamu lakukan (syirik kepada Allah), karena sesungguhnya aku takut kepada Allah”. [3]  
كَمَثَلِ الشَّيْطَانِ إِذْ قَالَ لِلإنْسَانِ اكْفُرْ فَلَمَّا كَفَرَ قَالَ إِنِّي بَرِيءٌ مِنْكَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ رَبَّ الْعَالَمِينَ
“Seperti (bujukan) shaitan ketika Dia berkata kepada manusia: "Kafirlah kamu", Maka tatkala manusia itu telah kafir, Maka ia berkata: "Sesungguhnya aku berlepas diri dari kamu, karena Sesungguhnya aku takut kepada Allah, Rabb semesta alam". (QS. Al-Hasyr: 16)
Seperti itulah syaitan menggoda, dari nabi Adam hingga keturunannya. Ia takkan pernah berhenti, sampai manusia menjadi temannya di neraka kelak. Itulah secuil kisah cinta yang dilandasi karena nafsu dan syaithan, cinta yang akan berujung kepada kehinaan, dan kemurkaan, tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat, na’udzu billah min dzalik. Apalah arti pacaran kalau membawa kemurkaan Allah, bagaimana mungkin menikmati pacaran kalau neraka dengan malaikat penjaganya telah bersiap menyiksa. Oleh karenanya, Islam memberi solusi yang lebih baik dari itu semua yaitu boleh pacaran asal sudah menikah, bukan pacaran sebelum menikah. Sebab, kalau sebelum menikah itu berarti mendekati zina, dan itu dilarang di dalam Islam, sebagaimana firman Allah
ولا تقربوا الزنى إنه كان فاحشة وساء سبيلا
“Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Isra’: 32)
Kalau sebelum menikah segala aktivitas yang dilakukan diantara dua orang yang berpacaran adalah dosa. Pandangannya dosa, bicaranya dosa, sentuhannya dosa, apalagi kalau sampai terjadi zina, na’udzu billah min dzalik, intinya semua aktivitas itu berada dalam kubangan dosa. Sekali lagi, inilah langkah-langkah syaithan dalam menggoda keturunan Nabi Adam, mulai dari pandangan, berlanjut ke obrolan, terus saling berjabat tangan dan bersentuhan hingga terjadi zina. Oleh karenanya, Allah mengingatkan dalam surat An-Nur:
قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُون
وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ
“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya”. (QS. An-Nur 30-31)
Inilah perintah Allah agar setiap muslim dan muslimah menjaga pandangannya dari lawan jenisnya. Ditegaskan lagi oleh sabda Rasulullah saw,
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "إن النظر سهم من سهام إبليس مسموم، من تركه مخافتي، أبدلته إيمانا يجد حلاوته في قلبه"قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "إن النظر سهم من سهام إبليس مسموم، من تركه مخافتي، أبدلته إيمانا يجد حلاوته في قلبه"
“Sesungguhnya pandangan adalah anak panah dari anak panah2 iblis yang beracun, maka orang yang bisa meninggalkannya (menundukkan pandangannya) karena takut kepada-Ku (Allah), maka Aku akan menggantikannya dengan keimanan yang akan ia rasakan kemanisannya di dalam hatinya”.[4] (Al-Hadits)
Ingatlah, setiap pandangan manusia, Allah maha melihat, bahkan sekecil apapun itu tidak akan pernah luput dari pengawasan Allah.
يَعْلَمُ خَائِنَةَ الأعْيُنِ وَمَا تُخْفِي الصُّدُورُ(الغافر: 19)   
“Allah mengetahui setiap mata yang berkhianat dan mengetahui apa yang disembunyikan oleh hati”. (QS. Al-Ghafir: 19) 
Juga Rasulullah saw bersabda, “Lebih baik dipukul dengan jarum besi di atas kepala daripada menyentuh wanita yang bukan mahram”.     
Inilah kenikmatan sesaat pacaran sebelum menikah, mungkin diawal  memandang sangat indah, tetapi berakhir siksa Allah, atau disaat menyentuh terasa nikmat, tapi para malaikat tidak pernah lupa mencatat dosa itu dan membalasnya dengan siksa kelak di akhirat. Tetapi hal tersebut ternyata tidak berlaku bagi orang yang berpacaran setelah menikah, justru setiap aktivitas cinta mereka adalah ibadah, senyumnya di depan pasangan adalah ibadah, ciuman, sentuhan bahkan berhubungan antara suami istri menjadi ibadah dan shadaqah. Sebagaimana sabda Rasulullah saw:
وفي بضع أحدكم صدقة
“dan hubungan suami istri itu shadaqah”. (al-Hadits)
عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (ما استفاد المؤمن - بعد تقوى الله عز وجل - خيرا له من زوجة صالحة: إن أمرها أطاعته، وإن نظر إليها سرته، وإن أقسم عليها أبرته، وإن غاب عنها نصحته في نفسها وماله).رواه ابن ماجه.
“Tidak ada yang bermanfaat bagi seorang mukmin setelah takwa kepada Allah yang lebih baik baginya selain dari isri yang shalihah, jika diperintah Ia taat, jika dipandang menyenangkan, jika disumpah ia membebaskannya, dan jika ditinggal pergi ia menjaga harga diri dan hartanya”. HR. Ibnu Majah
Adakah nikmat selain ini? Perpaduan  cinta dan kasih yang berhiaskan iman dan takwa, maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan??
Tidak hanya itu, pacaran setelah menikah itu lebih menenangkan dan membahagiakan, karena tidak ada lagi dosa, yang ada hanyalah ibadah, ibadah dan ibadah. Lebih tenang karena setiap pasangan telah diikat janji suci akad nikah mitsaqan ghalidan, tanggung jawab penuh atas apa yang akan terjadi dalam kehidupan keduanya, keduanya saling percaya karena itu merupakan amanah yang harus dijaga dengan cinta, dan kasih sayang. Tak sekedar rayuan gombal, perhatian sesaat atau sebungkus coklat atau es cream, demi menerkam kehormatan dan harga diri, tetapi tanggung jawab seumur hidup, suka duka, susah senang, bersama merasakan. Karenanya, jaminan Allah akan menumbuhkan cinta dan kasing sayang hanya teruntuk mereka yang memadu cinta dan kasih setelah menikah bukan sebelum menikah. Sebagaimana firman Allah:
وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجاً لِّتَسْكُنُواْ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً
“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya Allah menciptakan bagi kalian dari diri kalian pasangan-pasangan, agar kalian merasa tenang kepadanya, dan Dia menjadikan diantara kalian cinta dan kasih sayang”.
Inilah taman orang yang bercinta dan memadu kasih karena iman dan takwa, inilah kenikmatan hakiki sebuah pacaran, pacaran setelah menikah, pacaran ibadah, dan inilah nikmatnya pacaran. Allahu a’lam bis shawab, wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammad  
SEMOGA BERMANFAAT
Al-faqir ila ‘afwi Rabbihi Dzulkifli Amnan al-Syarafani al-Qudsyi
Ma’had UIA Jakarta, Ahad, 2 November 2014, 05:12


[1] KBBI offline 1.3
[2] Lihat surat al-a’raf 11-27
[3] Abu al-Fida’ Ismail bin Umar bin katsir al-Qursy al-Damasyqi (W.700-774), Tafsir al-Qur’an al-Azhim, Mesir: Dar Thayyibah  li al-Natsr wa al-Tauzi’,cet. 2, 1999. H. 8/75
[4] Al-mu’jam al-kabir, no. 10/214

1 komentar:

Powered By Blogger